Minggu, 14 November 2010

cardiovaskuler

System cardiovaskuler terdiri dari jantung dan pembuluh darah yang merupakan suatu sirkulasi tertutup dan bertanggung jawab dalam menjamin suplay darah keseluruh tubuh. Dengan demikian tujuan utama dari system ini adalah mensuplay darah yang cukup ke seluruh jaringan perifer untuk memenuhi kebutuhan metabolik setiap saat. System ini mensuplai nutrisi, oksigen, hormones, dan substansi imunologi ke organ – organ tubuh dan jaringan melalui sistem arteri. Sisa – sisa atau sampah produk metabolik, carbon dioksida, akan dipindahkan dari jaringan ke sirkulasi vena (venous return), selanjutnya akan diekskresi di paru – paru.
Gangguan sistem kardiovaskuler di dunia baik di Eropa, Amerika maupun di negara – negara Asia seperti Indonesia saat ini menjadi sangat umum dan kemungkinan sering dihadapi oleh perawat – perawat baik di rumah sakit maupun di Puskesmas atau masyarakat. Saat ini di UK populasi tertinggi pasien – pasien sakit jantung adalah orang tua usia diatas 60 tahun. Tetapi pada kelompok populasi yang lebih muda penyakit jantung merupakan penyebab kematian prematur dan cacat (Catford & Parish, 1989 in Alexander, F.M., et all, 1994:9).
Sejak terjadinya konsepsi sampai kematian , jantung terus menerus berdetak.beberapa penyakit timbul sering dengan penurunan fungsi organ.perawat, harus memiliki pengetahuan anatomi dan fisiologi jantung dalam upaya pemberian perawatan yang optimal.sehingga makalah ini akan membahas tentang jantung.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar